KLIK LAMBANG DAERAH UNTUK MELIHAT BERITA


Apa Ini Penyebab Facebook, WhatsApp & Instagram Sering Down?

http://www.riaulive.id/apa-ini-penyebab-facebook-whatsapp-instagram-sering-down.html

Jakarta – Dengan gangguan terkini yang menimpa Facebook, WhatsApp, dan Instagram, sudah cukup sering trio layanan tersebut down bersamaan. Apa kemungkinan terbesar penyebabnya?

Di masa silam sepertinya terbilang amat jarang ketiga layanan yang bernaung di bawah perusahaan milik Facebook tersebut tumbang dalam waktu berdekatan atau bahkan secara bersamaan seperti Rabu (3/7/2019) malam kemarin.

Kecurigaan pun saat ini makin deras mengarah pada rencana integrasi antara ketiganya. Mungkin dalam uji coba integrasi, muncul masalah yang menyebabkan tumbang massal.

Beberapa pihak, termasuk Facebook sendiri, mengakui integrasi Facebook terutama di Messenger, WhatsApp, dan Instagram bukan perkara mudah. Para engineer Facebook harus bekerja keras untuk mewujudkan ide dari Mark Zuckerberg ini.

“Rencana ini, yang masih dalam tahap awal dengan tujuan selesai akhir tahun ini atau awal 2020, membutuhkan ribuan karyawan Facebook untuk melakukan konfigurasi bagaimana fungsi WhatsApp, Instagram, dan Messenger di level yang paling dasar,” tulis New York Times.

Hal tersebut dilakukan dengan mempersatukan infrastruktur teknis dasar masing-masing platform. Brian Acton, pendiri WhatsApp, sudah menyatakan rasa pesimisme.

“Saat ini sedang Facebook mencoba menggabungkan pengalaman produk itu. Hal tersebut merupakan pekerjaan berat dan akan sulit berhasil,” tandas Acton.

Pada satu kesempatan, seorang pengamat sekuriti di Indonesia pun pernah mengaitkan masalah down yang belakangan relatif sering terjadi ini dengan rencana integrasi antara Facebook Messenger, Instagram, dan WhatsApp sehingga nantinya user bisa saling berkirim pesan lintas platform.

“Jadi ada bug yang menyebabkan hal ini dan memberi dampak pada hampir semua layanan utama milik Facebook,” ujar peneliti keamanan dari Vaksincom, Alfons Tanujaya.

Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari Facebook, tapi biasanya mereka tidak terlalu terbuka soal penyebabnya. Masalah server sering jadi tameng alasan tumbangnya layanan mereka yang amat populer itu.

Tulis Komentar Anda