KLIK LAMBANG DAERAH UNTUK MELIHAT BERITA


Aplikasi Ini Ajarkan Anak Dapatkan Uang Lewat ‘Keringat’

http://www.riaulive.id/aplikasi-ini-ajarkan-anak-dapatkan-uang-lewat-keringat.html

Aplikasi punya celengan merupakan aplikasi mobile pertama di Indonesia yang dikembangkan untuk memberikan solusi kepada orangtua dalam memberikan pemahaman dasar nilai uang dengan konsep gim yang menyenangkan. Direktur MNC Bank Benny Helman mengatakan, selama ini kalau orangtua mengajak anak jalan-jalan ke mal maka anak suka merengek minta dibelikan barang.

Pilihannya dua, membelikan barang yang diinginkan anak atau segera menarik anak keluar dari mal. “Kami meluncurkan aplikasi punya celengan untuk membantu orangtua mendidik anaknya bahwa untuk mendapat uang itu tak mudah dan harus mengeluarkan keringat. Target aplikasi punya celengan ini untuk segmen keluarga yang memiliki anak dengan usia 7 – 15 tahun atau SD -SMP. Aplikasi ini dapat dimainkan oleh seluruh anggota keluarga,” katanya di Jakarta, Kamis, (9/3).

Aplikasi punya celengan digunakan orang tua untuk mengajarkan kepada anak memahami hubungan antara tiga konsep keuangan yakni mencari uang atau earning, menabung uang atau saving dan mengeluarkan uang atau spending. Misalnya anak ingin memiliki sepatu di mal. Anak tak langsung dibelikan sepatu oleh orangtuanya namun ia harus mengerjakan tugas dulu. Pengerjaan tugas difoto lalu dikirim untuk diberitahukan ke orangtuanya.

Setelah selesai mengerjakan tugas anak mendapat koin. Kalau koin sudah terkumpul maka anak bisa membeli sepatu. “Dengan aplikasi ini anak diajarkan bahwa mencari uang itu harus mengeluarkan keringat dan tak mudah sehingga mereka bisa menghargai nilai uang,” ujar Benny.

Secara jelasnya, kata dia, orangtua membuat daftar tugas untuk dikerjakan anak dengan hadiah sejumlah koin. Ini akan mengajarkan anak bahwa diperlukan suatu usaha untuk mendapatkan sejumlah uang.

Ketika tugas selesai dikerjakan, anak akan mendapatkan koin yang akan ditabung. Ketiga apabila jumlah koin pada daftar keinginan anak telah tercapai, orangtua dan anak akan melakukan pembelian untuk mewujudkan keinginan anak yakni pengeluaran.

Fitur-fitur dalam aplikasi punya celengan juga dirancang untuk melatih anak belajar membuat keputusan terkait keuangan yang berdasar sejak usia dini. Mereka dilatih belajar untuk menentukan prioritas dan membangun komunikasi yang lebih erat di dalam keluarga. Aplikasi punya celengan ini bisa dilihat melalui www.punyacelengan.com.

Tulis Komentar Anda