KLIK LAMBANG DAERAH UNTUK MELIHAT BERITA


Ka Kwarcab Kepulauan Meranti Lantik Pengurus Saka Widya Budaya Bhakti

http://www.riaulive.id/ka-kwarcab-kepulauan-meranti-lantik-pengurus-saka-widya-budaya-bhakti.html

SELATPANJANG – Pemerintah kab. Kepulauan meranti melalui dinas pendidikan Kab. Kepulauan meranti melaksanakan Perkemahan Budaya, Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana dilaksanakan sebagai penarik minat anggota pramuka tingkat penggalang akan pelestarian nilai budaya di daerah masing-masing.

Bertempat di Bumi perkemahan Rumbia Berduri Jl. Pramuka Selatpanjang Timur, Wakil Bupati selaku Ka Kwarcab 04 Kepulauan Meranti membuka secara resmi perkemahan Budaya 2018, Selasa (10/04).

Kegiatan yang rencana akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari sejak 10 april 2018 hingga 12 April 2018 ini mengedepankan perlombaan yang berkaitan dengan permainan tradisional, Kebudayaan Lokal, Seni tari tradisional, dan berbagai bentuk perlombaan yang mengandung unsur pelestarian budaya guna menarik minat peserta perkemahan, untuk kedepan.

Berdasarkan pantauan Riaulive di Bumi perkemahan Rumbia Berduri Selatpanjang, Perkamahan budaya kabupaten kepulauan meranti 2018 ini meskipun perdana dilakukan untuk tingkat Pramuka Penggalang, telah dikuti oleh 80(delapanpuuh) orang peserta, terdiri dari  40 Putra dan 40 putri, mencakup 3 (tiga)  kecamatan,  4(empat) sekolah dari Kecamatan Tebingtinggi , 2(dua) sekolah dari Kecamatan Merbau dan 1 (satu) sekolah dari Kecamatan Tebingtinggi barat.

Perkemahan budaya 2018 diawali dengan Pelantikan Majelis Pembimbing (MABI) Saka Widya Budaya Bhakti, Pimpinan, Pamong dan Instruktur Saka Widya Budaya Bhakti Kab. Kepulauan Meranti masa bhakti 2018-2023, dilantik sebagai Ketua Majlis Pembimbing Saka ialah Kak H. Rosdanier S.Pd yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kab. Kepulauan Meranti.

Sebagai ketua Majelis Pembimbing Saka Widya Budaya Bhakti Rosdanier menekankan kepada seluruh anggota Mabi,Pimpinan, pamong  dan instruktur Saka Widya Budaya Bhakti yang baru saja dilantik, SAKA ini sangat berkaitan erat dengan dinas pendidikan. dan SAKA ini juga Merupakan pintu untuk membuka celah keterlibatan anak didik dan masyarakat dalam pembentukan kharakter serta pelestarian kebudayaan, ujarnya.

Dalam SAKA Widya Budaya Bhakti, terdapat 7 (Tujuh)  Krida yang mana krida tersebut sangat erat kaitannya dengan Dinas Pendidikan, sehingga Dinas Pendidikan Kepulauan Meranti merasa sangat perlu dan berkepentingan akan terbentuk dan berjalannya satuan karya ini, imbuhnya.

Diantara krida tersebut adalah ; Krida pendidikan masyarakat, Anak Usia Dini, Pendidikan Kecakapan Hidup, Bina Sejarah, Bina Seni dan Film, Bina Nilai Budaya dan Bina Cagar Budaya , harapan saya dengan dilantiknya Majelis Pembimbing Saka Widya Budaya Bhakti  hari ini, serta diselenggarakan Kemah Bhakti yg dibuka KaKwarcab hari ini, kiranya seluruh peserta dapat membantu mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan dan pelestarian kebudayaan di daerahnya masing-masing di Kab. Kepulauan Meranti. tegas Pria yang kerap disapa Om oleh masyarakat kab. kepulauan meranti.

Kakwarcab Kab. Kepulauan Meranti Drs. H. Syaid hasyim, Kami Selaku pengurus kwarcab, Mengucapkan Selamat, telah dilantiknya MABI, Pimpinan, Pamong dan Instruktur Saka Widya Budaya Bhakti Kab. Kepulauan Meranti, pada hari ini, harapan kami hendaknya mabi, pimpinan, pamong dan instruktur saka, dapat terus bergerak, berkembang sesuai dengan Kridanya masing-masing , kegiatan kegiatan perkemahan untuk melestarikan kebudayaan daerah ini sangat-sangat positif ini semoga kedepan dapan rutin dilaksanakan, ditahun-tahun mendatang sebab, tidak banyak memakan biaya dan dampaknya sangatlah bermanfaat dapat langsung dirasakan oleh anggota pramuka sebagai generasi penerus bangsa, tegasnya.

Pada setiap pangkalan yg sudah terbentuk Jika terjadi hambatan kedepannya, lakukan pendekatan yg baik, persuasif, agar tidak ada beban dan ganjalan pada setiap kegiatan yg dilaksanakan. imbuh wakil bupati, pelantikan yang langsung diteruskan dengan kegiatan perkemahan budaya perdana ini sudah luarbiasa, kedepan diharap semakin banyak semakin meriah, dinas pemdidikan bersedia memberi fasilitas akan telaksananya kegiatan-kegiatan yg bagus, pungkasnya.

Said Hasyim Juga berpesan Kepada pengurus Kwarcab untuk lebih giat lagi memelihara Bumi perkemahan, dan menebarkan penghijauan agar bumi perkemahan Rumbia berduri semakin indah dan nyaman dipandang dan dijadikan sebagai pusat kegiatan tegas wakil bupati.

Sebagai informasi tambahan, hadir pada kesempatan ini Ketua DPRD Kab. kepulauan Meranti yang diwakili Kak Eddy Masyhudi, Danramil 02 Tebingtinggi Diwakili Serda Amrizal, Tim kesehatan terdiri dari Dokter RSUD Kab. Kepulauan Meranti dari Saka Bhakti Husada, Saka Wanabhakti, dan Pamong Saka dan Kamabigus Se Kwarcab Kepulauan Meranti. (Pnd.Riaulive).

Tulis Komentar Anda